12/26/2008

Cinta, Suka, dan Sayang Dalam Pacaran

Mungkin kita sering bertanya-tanya apa sih makna dari cinta, suka atau sayang dan mengapa kata-kata tersebut sangat disukai pada masa pacaran. Bukankah masa pacaran adalah masa untuk lebih mengenal antar sesama? Jika iya, mengapa harus dibumbui dengan cinta, suka dan sayang? Dari pengamatan tentang suatu hubungan yang dimulai dengan cinta, suka dan sayang seringlah kandas.

  1. Karena cinta itu buta, dimana "seseorang rela melakukan apa saja dan melupakan kewajibannya demi cinta". Pada akhirnya menjadikan dirinya "gagal dalam dunia nyata dan dunia pacaran".
  2. Suka hanyalah bersifat sementara. Suka berarti "tertarik akan sesuatu". Padahal "ketertarikan" dapat berubah menjadi "kebosanan" dan sesuatu dapat hilang dimana berarti "suka" menjadi "tidak suka".
  3. Terakhir menyalah artikan makna sayang. Sayang adalah keinginan untuk "merawat", "melindungi" dan "siap kehilangan" agar yang disayangi menjadi "lebih baik". Jadi sayang bukanlah merawat, melindungi dan memiliki "untuk selamanya", dimana dibuktikan dengan "rasa cemburu" dan "berkurangnya kebebasan" bagi yang disayangi.
Kata masyarakat Tiongkok orang yang telah berpacaran berkali-kali menjadikan dirinya tak bernilai. Jadi pacaran adalah mempertaruhkan harga diri. Kesimpulannya apakah perlu, pacaran yang hanya dibumbui dengan cinta, suka dan sayang?

0 Comments:

Post a Comment



Template by:
Free Blog Templates