11/30/2009

Tipe Kepribadian

Kepribadian adalah kata yang cukup familiar. Kepribadian seseorang pasti akan mempengaruhi gaya kepemimpinan/leadership seseorang. Menurut ahlinya psikologi dan komunikasi masa, cirri-ciri kepribadian seseorang dibagi menjadi empat, yaitu: sanguinis, melankolis, koleris, dan plegmatis. Masing-masing kepribadian tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan pribadi masing-masing, kita bias berusaha untuk mempertahankan kelebihannya dan merubah kekurangannya.

1. SANGUINIS (si popular)

Karakter ini cenderung ekstrovert, suka berbicara dan optimis.Pembawaan luarnya cenderung menarik, penuh semangat, humoris, emosional,antusias, dan ekspresif. Karakter ini juga cenderung kekanak-kanakan, penuhrasa ingin tahu, lugu dan polos, tapi hatinya tulus. Si sanguin inicenderung menjadi seseorang yang melaksanakan tugas secara sukarela, menjadisumber ide bagi yang lain, energik, antusias, kreatif dan inovatif, mudah dikagumi, serta good starter. Di sisi lain sanguin juga kurang konsisten dalam melakukanpekerjaannya dan kurang bisa menyadari kesalahan yang dibuatnya sendiri.

Menurut ahlinya, tips untuk bisa memperbaiki diri:
a. Don’t talk too much! Bicara yang singkat jelas dan penting.
b. Belajarlah mendengarkan orang lain
c. Perlu selalu mencatat hal-hal yang sudah disepakati, karena sering lupa d.Hilangkan sifat tidak tertib dan tidak dewasa
e. Jangan menunda-nunda menyelesaikan masalah

2. MELANKOLIS (si sempurna)

Karakter ini mempunyai pembawaan intovert, analitis, pesimis,serius, tekun, dan berbakat dalam bidang artistik, musikal dan filosofi. Melankolis sangat peka terhadap perasaan orang lain, suka berkorbandan idealis. Dalam bekerja cenderung berorientasi pada jadwal,perfeksionis, gigih, tersistematis, dan selalu mendapat penyelesaian yang kreatif.

Menurut ahlinya, tips bagi melankolis: a.cederung pemikir, sehingga mudah stress/tertekan. Jangan pasangmuka tertekan di depan orang lain. Segala sesuatu jangan dilihat darisisi buruknya saja, lihat juga sisi positifnya b.melankolis juga suka menunda-nunda, maka jangan terlalu lama dalam merencanakan sesuatu.

3. KORELIS (si kuat)

Karakter ini, aktif, optimis dan juga cenderung ekstrovert.Pembawaannya pantang menyerah, tegas, dinamis, serta berbakat memimpin, mempunyai kemauan yang kuat, kritis terhadap permasalahan dan selalu menemukan solusi untuk memperbaiki, dan mampu mengendalikan emosi. Dalambekerja korelis berorientasi pada target, memiliki pemecahan yang praktis, bergerak cepat dalam bertindak, mendelegasikan pekerjaan, berkembang karena saingan dari luar.

Menurut ahlinya, tips untuk si korelis. Tak ada gading yang tak retak, marilah belajar untuk mengurangiretaknya.
a. belajarlah untuk relaks, buatlah suasana yang nyaman. Jangan merasa bersalah ketika tidak melakukan apa-apa di waktu senggang.
b. Jangan terlalu menyepelekan dan memanipulasi orang lain untuk kemauanmu.
c. Belajarlah untuk sabar, mengurangi sifat menggurui dan sok kuasa
d. Orang korelis selalu merasa benar, maka terkadang akuilah oranglain ketika memang orang lain benar.

4. PLEGMATIS (si juru damai)

Tuhan menciptakan penyeimbangnya dalam wujud plegmatis yang damaiini. Kaum plegmatis cenderung intovert, pengamat, rendah hati, simpatik,diam, pesimis, sabar, supel, santai, cerdas, konsisten, menghindarikonflik, dan juru damai. Namun plegmatis cenderung menjadiorang yang pasif. Walaupun nama bawaannya juru damai, namun nama tersebut tidak selalu sedamai kelihatannya.

Berikut tips dari ahlinya bagi si plegmatis:
a. Bangkitkanlah semangat dari dalam diri sendiri, ubahlah pendapatdiam itu emas.
b. Harus berani mencoba hal-hal yang baru
c. Belajarlah menerima tanggung-jawab dan jangan menunda-nundapekerjaan.
d. Mencoba mengkomunikasikan dan menyampaikan perasaan.
e. Harus berani untuk mengatakan TIDAK dan belajar untuk membuatkeputusan untuk diri sendiri.

0 Comments:

Post a Comment



Template by:
Free Blog Templates